Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 4 Nopember (2024): Didaktika Jurnal Kependidikan

Belajar Matematika Lebih Menyenangkan: Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Gamifikasi untuk Operasi Bilangan Bulat

Rahmadi (Universitas Negeri Malang)
Erry Tri Djatmika (Universitas Negeri Malang)
Henry Praherdhiono (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis gamifikasi pada materi operasi bilangan bulat untuk siswa sekolah dasar. Masalah utama yang dihadapi adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep bilangan bulat dan rendahnya motivasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Lee & Owens, meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dikembangkan diberi nama "Edukasi Si Tatan" dan tersedia dalam format exe dan apk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini valid dengan persentase 90,78% dari ahli materi dan media, praktis dengan persentase 92,2% dari guru dan siswa, serta efektif dengan 86,67% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Multimedia interaktif ini terbukti meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta memberikan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...