Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengembangan Media Realitas Virtual Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kompetensi Kreatif dan Kolaboratif dalam Pembelajaran Fenomena Geosfer

Mohammad Nur Ramadhan (Universitas Negeri Jakarta)
Samadi (Universitas Negeri Jakarta)
Ode Sofyan Hardi (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran realitas virtual dalam meningkatkan kompetensi kreatif dan kolaboratif pada materi fenomena geosfer di MA Al-Khairiyah menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Media yang digunakan adalah platform Millealab dengan pendekatan kuantitatif quasi eksperimental post-test only control group design. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dokumen psikologi, dan lembar penilaian, menunjukkan hasil validasi materi sebesar 81% dan validasi media sebesar 81,6%, sehingga dinyatakan layak. Meskipun hasil uji coba menunjukkan penurunan rata-rata efektivitas media dari 87,4% menjadi 75,5%, uji t pada kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan. Rekomendasi meliputi penggunaan virtual box dengan earphone, alokasi waktu yang memadai, dan resolusi gambar tinggi untuk mendukung pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...