Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur kekuatan dan unsur kelemahan pada penggunaan model Instructional Leadership dalam bidang pendidikan. Pendekatan kualitatif dengan metode scoping review digunakan dengan pertimbangan kecocokan metode tersebut untuk menjawab pertanyaan penelitian. Pencarian data artikel dilakukan pada database Google Schoolar dengan bantuan Harzing’s Publish or Perish. Proses ini menekstraksi 80 artikel. Tetapi tahapan filter yang cermat dengan memperhatikan pemenuhan kriteria inklusi, mengeksklusi 69 artikel sehingga menetapkan 11 artikel untuk ditinjau secara mendalam. Hasil penelitian mengidentifikasi, bahwa terdapat 17 unsur kekuatan pada penggunaan model Instructional Leadership dalam bidang pendidikan. Di samping itu, 4 Unsur kelemahan pada penggunaan model Instructional Leadership dalam bidang pendidikan turut teridentifikasi. Signifikansi penelitian ini adalah kontribusi pengembangan literatur pada penggunaan model instructional leadership dalam bidang pendidikan, agar unsur kekuatan dan unsur kelemahan yang timbul di dalamnya dapat dipertimbangkan dengan baik. Dengan mempertimbangkan temuan teoretis yang masih sangat terbatas, khususnya pada unsur kelemahan, maka penelitian lanjutan berbentuk studi kasus eksplanatori sangat direkomendasikan. Selain itu, penelitian model instructional leadership pada perguruan tinggi masih sangat sedikit. Sehingga turut disarankan untuk pengujian efektivitas model kepemimpinan ini pada perguruan tinggi di masa mendatang.
Copyrights © 2024