Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kecerdasan emosional dalam meningkatkan prestasi akademik dan kecakapan sosial siswa di era digital. Society 5.0 menuntut siswa tidak hanya unggul secara kognitif, tetapi juga memiliki kecakapan sosial yang mampu menghadapi perubahan teknologi dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode jenis kualitatif dan mengumpulkan data berdasarkan literature yang relevan (library research), dan menggunakan content analysis sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berperan penting dalam membentuk sikap positif terhadap belajar, meningkatkan motivasi intrinsik, serta memperkuat hubungan sosial siswa dengan sekolah dan masyarakat. Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi lebih mampu mengelola stres, bekerja sama, dan menunjukkan empati, yang berdampak positif pada prestasi akademik dan keterampilan sosial. Di era digital, kecerdasan emosional menjadi krusial dalam mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja dan kehidupan sosial yang semakin terhubung dengan teknologi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya integrasi program kecerdasan emosional dalam kurikulum serta peran guru sebagai fasilitator dalam mengasah kemampuan emosional dan sosial siswa, mendukung kesuksesan akademik dan sosial mereka di era digital.
Copyrights © 2024