Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Gambaran Emotional Intelligence Pada Mahasiswa Magister Sains Psikologi

Mia Chandra Dewi (Universitas Padjadjaran)
Zainal Abidin (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Mahasiswa magister lebih sering menghadapi tantangan akademik yang kompleks dan tekanan yang tinggi dalam menyelesaikan tesis maupun proyek penelitian. Oleh sebab itu, kemampuan Emotional Intelligence sangat diperlukan oleh mereka untuk mengelola stres dengan lebih efektif, membangun hubungan yang efektif dengan dosen dan teman sejawat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran Emotional Intelligence pada 3 mahasiswaagister Sains Psikologi UNPAD. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode analisis tematik yang data utamanya diperoleh dengan cara wawancara semi-struktur. Dari hasil analisis tematik, peneliti menemukan lima temaotional Intelligence, yaitu kemampuan mengenali emosi, kemampuan mengelola emosi, kemampuan mengenali emosi orang lain, memanfaatkan emosi secara produktif, dan kemampuan untuk membina hubungan. Temuan ini sejalan dengan aspek-aspek kecerdasan emosional menurut Goleman (2001).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...