Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional yang diperlukan dalam membangun bangsa dan Negara Republik Indonesia. Akan tetapi pengertian dan cara mengukur mutu pendidikan yang tepat dan dapat dipercayai, masih menjadi bahan perbincangan yang belum berkesudahan. Mutu pendidikan secara nasional pada hakikatnya merupakan cerminan dari hasil belajar masing-masing siswa. Oleh karena itu berbagai metode pembelajaran dan bentuk penilaian dibuat untuk memperoleh hasil belajar siswa yang dapat dipertanggung jawabkan serta benar-benar dapat menggambarkan kemampuan siswa secara utuh yang berimbas pada peningkatan mutu pendidikan . Tulisan ini membahas tentang penerapan metode discovery learning sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. metode penelitian ini menggunakan melalui pendekatan penelitian kepustakaan (library research). penelitian kepustakaan merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat dan mengolah bahan penelitian. melalui penelitian kepustakaan, peneliti berusaha untuk memaparkan pengaruh metode discovery learning terhadap perbaikan kualitas belajar siswa sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2024