Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Penerapan Discovery Learning sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah

Azhar Nurachman Nurachman (Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta)
Muhammad Ja'far Nashir (Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional yang diperlukan dalam membangun bangsa dan Negara Republik Indonesia. Akan tetapi pengertian dan cara mengukur mutu pendidikan yang tepat dan dapat dipercayai, masih menjadi bahan perbincangan yang belum berkesudahan. Mutu pendidikan secara nasional pada hakikatnya merupakan cerminan dari hasil belajar masing-masing siswa. Oleh karena itu berbagai metode pembelajaran dan bentuk penilaian dibuat untuk memperoleh hasil belajar siswa yang dapat dipertanggung jawabkan serta benar-benar dapat menggambarkan kemampuan siswa secara utuh yang berimbas pada peningkatan mutu pendidikan . Tulisan ini membahas tentang penerapan metode discovery learning sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. metode penelitian ini menggunakan melalui pendekatan penelitian kepustakaan (library research). penelitian kepustakaan merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat dan mengolah bahan penelitian. melalui penelitian kepustakaan, peneliti berusaha untuk memaparkan pengaruh metode discovery learning terhadap perbaikan kualitas belajar siswa sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...