Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran melalui video pembelajaran dan games dapat meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa autis dan tunanetra di Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Khusus Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya, salah satu kampus inklusif di Kota Surabaya dengan subjek penelitian 1 mahasiswa autis dan 1 mahasiswa tunanetra yang menempuh Mata Kuliah Identifikasi dan Asesmen ABK, salah satu mata kuliah wajib yang ada di Prodi Pendidikan Khusus. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi dan pemahaman akurat mengenai bagaimana penerapan video pembelajaran dan games di mata kuliah identifikasi dan asesmen ABK ini dapat berpengaruh pada konsentrasi belajar mahasiswa berkebutuhan khusus (baik autis maupun tunanetra) yang menjadi peserta mata kuliah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan angket kepada ahli isi, ahli desain, dan subjek (mahasiswa autis dan tunanetra). Hasil dari penelitian ini adalah berupa video pembelajaran dan aplikasi games berbasis pembelajaran microlearning dan gamifikasi. Adapun uji kelayakan dari video tersebut menghasilkan simpulan bahwa video pembelajaran dan aplikasi games dalam penelitian ini Layak untuk digunakan dalam pembelajaran untuk mahasiswa autis dan mahasiswa tunanetra di Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya. Hasil penelitian yang juga diperoleh yakni bahwa konsentrasi belajar mahasiswa autis dan tunanetra dapat ditingkatkan dengan pembelajaran melalui video pembelajaran dan games. Dan mahasiswa tunanetra maupun autis memberi masukan supaya pendekatan memakai video pembelajaran dan gamifikasi ini dapat diterapkan juga pada mata kuliah-mata kuliah lainnya. Kata kunci: konsentrasi belajar, mahasiswa autis, mahasiswa tunanetra, video pembelajaran, games
Copyrights © 2024