Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengaruh Gender terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Sekolah Menengah Atas

Febriola Anisya Putri (Universitas Islam Riau)
Laila Fitriah (Universitas Islam Riau)
Indria Apriza (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Motivasi adalah kesadaran untuk mencapai tujuaan dan motivasi belajar adalah proses dari kesadaran siswa untuk mencapai tujuan. Gender sendiri dianggap memiliki pengaruh dalam motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 4 Pekanbaru pada mata pelajaran Seni Budaya ditinjau dari aspek gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif dan menggunakan kuisioner sebagai instrument penelitian. Sampel yang ditinjau pada penelitian ini dalah 208 orang siswa kelas XI di SMAN 4 Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test yang mendapatkan hasil Sig. (2 tailed) 0,013 dan 0,014 sehingga terlihat adanya perbedaan pada motivasi belajar siswa ditinjau dari gendernya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...