Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Penerapan Neuro Linguistic Programming dalam Meningkatkan Motivasi Siswa: Tinjauan Pustaka Sistematis

Chrisanta Kezia Yemima (Universitas Negeri Yogyakarta)
Annisa Silvia Wulandari (Universitas Negeri Yogyakarta)
Rahmifanti R. Jacub (Universitas Negeri Yogyakarta)
Nurul Izzah Subhan (Universitas Negeri Yogyakarta)
Yuyun Lestari (Universitas Negeri Yogyakarta)
Kamalatan Nihaya (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan Neuro Linguistic Programming (NLP) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. NLP, sebagai pendekatan yang memfokuskan pada hubungan antara pikiran, bahasa, dan perilaku, menawarkan teknik-teknik yang dapat mengubah pola pikir dan perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review. Penelitian dilakukan dengan menganalisis 11 artikel terkait penerapan NLP terhadap Motivasi siswa dengan database elektronik Google Scholar, scopus, Garuda, dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan kajian bahwa siswa yang menerima intervensi NLP mengalami peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar, ditandai dengan peningkatan minat, semangat, dan kepercayaan diri dalam belajar. Temuan ini menunjukan bahwa kajian-kajian mengenai penerapan NLP dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan motivasi siswa melalui teknik yang digunakan pada NLP yaitu diantaranya reframing, anchoring, rapport, criteria, cause and effect, complex equivalence, presuppositions, pacing current experience, neuro logical level dan mirroring.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...