Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menawarkan potensi besar untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pendidikan bagi pelajar dengan disabilitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform e-learning inklusif berbasis cloud yang dapat mendukung akses pendidikan bagi pelajar dengan berbagai jenis disabilitas. Permasalahan penelitian meliputi kondisi aksesibilitas pendidikan saat ini, hambatan yang dihadapi pelajar dengan disabilitas, serta peran teknologi dalam meningkatkan akses pendidikan. Metode penelitian yang digunakan mencakup tinjauan literatur, analisis kebutuhan pengguna, perancangan prototipe, pengembangan platform, uji coba, evaluasi, dan pengoptimalan berkelanjutan. Hasil penelitian ini diharapkan akan menciptakan solusi inovatif untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi pelajar dengan disabilitas. Platform e learning inklusif berbasis cloud yang dikembangkan akan dilengkapi dengan fitur-fitur penyesuaian dan aksesibilitas yang canggih, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu pelajar. Melalui kemitraan dengan lembaga pendidikan dan organisasi terkait, diharapkan platform ini dapat diterapkan secara luas dan memberikan dampak positif yang signifikan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan merata.
Copyrights © 2024