Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Faktor Strategi Peningkatan Kinerja Guru: Spiritualitas, Kepemimpinan Pembelajaran, Manajemen Pengetahuan, Berfikir Kritis dan Guru Penggerak di SMP Kota Surakarta

Desilva Sindra Javanis (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Harsono (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ahmad Muhibbin (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru dan faktor-faktor yang memengaruhinya di sekolah menengah pertama di kota Surakarta. Faktor-faktor yang dipertimbangkan meliputi spiritualitas, kepemimpinan pembelajaran, manajemen pengetahuan, pemikiran kritis, dan peran guru penggerak. Populasi penelitian ini adalah 1.890 guru, dengan sampel sebanyak 330 guru yang dipilih menggunakan metode random sampling. Analisis dilakukan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kinerja guru dan faktor-faktor yang diprediksi. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi penyelenggara dan pengembangan praktik pendidikan di sekolah menengah pertama sehingga mereka dapat memilih varian strategi untuk mengoptimalkan kinerja guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...