Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Peran Konseling Kelompok untuk Pengembangan Diri Siswa: Studi Literatur

Asmaida (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nefi Darmayanti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Studi literatur ini menyoroti peran penting konseling kelompok dalam pengembangan diri siswa, terutama dalam meningkatkan kepercayaan diri, harga diri, dan kebahagiaan mereka. Konseling kelompok membantu siswa mengatasi kecemasan, rasa malu, dan ketakutan saat belajar, sehingga mereka lebih berani dalam berinteraksi dan mengemukakan pendapat. Hasil literatur menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti layanan ini mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan akademik dan sosial mereka. Dengan demikian, konseling kelompok bukan hanya memberikan kesadaran akan perilaku yang sehat, tetapi juga mendukung pertumbuhan pribadi siswa secara menyeluruh. Penelitian ini menegaskan bahwa konseling kelompok merupakan strategi efektif dalam mendukung pengembangan diri siswa di berbagai aspek kehidupan mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...