Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Pendidikan Berbasis Multikultural dalam Perspektif Alquran

Burhanuddin (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ikhwan Ciptadi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Nasrullah Ramadhana (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Mohammad Al Farabi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nur Haflisma Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan berbasis multikultural dalam perspektif Al-Qur’an, dengan fokus pada konsep relevansinya dalam membangun harmoni sosial di tengah keragaman budaya dan agama. Fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana Al-qur’an memandang keberagaman budaya dan agama serta bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), di mana data utama diperoleh dari ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan prinsip-prinsip multikulturalisme serta tafsir klasik dan kontemporer, serta buku ilmiah lainnya sebagai rujukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an memberikan landasan normatif yang kuat untuk menghargai keberagaman melalui prinsip-prinsip keadilan, toleransi dan penghormatan terhadap perbedaan. Implementasi pendidikan berbasis multikultural dapat dilakukan melalui pengintegrasian ke dalam kurikulum dan pembelajaran yang inklusif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan berbasis multikultural dalam perspektif Al-qur’an berperan penting dalam membangun masyarakat yang inklusif, damai dan saling menghormati, serta relevan untuk diterapkan ditengah tantangan zaman globalisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...