Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI), khususnya ChatGPT, dalam pengajaran menulis puisi di sekolah dasar menawarkan peluang signifikan untuk meningkatkan keterampilan menulis, kreativitas, dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan melalui metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengeksplorasi berbagai sumber pustaka yang membahas pemanfaatan teknologi AI dalam pendidikan dasar, khususnya dalam konteks pembelajaran menulis kreatif. Melalui analisis literatur yang sistematis, ditemukan bahwa integrasi AI dapat memberikan umpan balik personal kepada siswa, membantu mereka memahami struktur bahasa, teknik artistik, dan elemen kreatif dalam menulis puisi. Lingkungan belajar yang dinamis yang diciptakan oleh AI juga dapat meningkatkan motivasi, minat, serta keterlibatan siswa dalam proses menulis. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan seperti plagiarisme, orisinalitas karya, serta etika penggunaan AI dalam pendidikan. Peran guru sangat penting dalam mengintegrasikan teknologi ini secara efektif, yang memerlukan pengetahuan tentang literasi teknologi AI dan metode pengajaran kreatif. Dengan kombinasi teknologi, metode pendidikan, dan kreativitas individu yang seimbang, penggunaan AI dapat menciptakan pengalaman belajar yang inspiratif, autentik, dan produktif, serta membantu siswa mengeksplorasi potensi artistik dan ekspresi kreatif mereka secara autentik dan orisinal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025