Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

TIGER (Tiga Kata Bersembunyi dalam Gambar): Alternatif Inovasi Strategi Pembelajaran Berbicara Teks Eksplanasi Siswa Fase F

Adinda Kidung Kirana (Universitas Negeri Malang)
Didin Widyartono (Universitas Negeri Malang)
Azizatuz Zahro' (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Siswa masih mengalami berbagai kendala dalam mengembangkan keterampilan berbicaranya sehingga diperlukan strategi pembelajaran berbicara yang tepat. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pendefinisian kebutuhan dalam pembelajaran berbicara dan (2) mendeskripsikan perancangan strategi TIGER (Tiga Kata Bersembunyi dalam Gambar) dalam pembelajaran berbicara teks eksplanasi berbantuan media visual interaktif untuk siswa fase F. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate, tetapi karena keterbatasan waktu, penelitian ini dibatasi pada define dan design. Peneliti melakukan studi literatur dan observasi lapangan di sebuah SMK di Malang untuk mengetahui permasalahan yang dialami siswa dalam kegiatan presentasi. Peneliti merancang strategi pembelajaran sesuai dengan hasil observasi dan kajian teori. Penelitian ini menghasilkan strategi TIGER (Tiga Kata Bersembunyi dalam Gambar) dalam pembelajaran berbicara teks eksplanasi berbantuan media visual interaktif untuk siswa fase F. Strategi TIGER terdiri atas tahap T (temukan topik), I (identifikasi), G (gambar tiga kata), E (eksplorasi dan eksplanasi), dan R (refleksi dan umpan balik).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...