Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Penguatan Kualitas Penelitian melalui Optimalisasi Teknologi Digital dan Kecerdasan Buatan dalam Penulisan Karya Ilmiah

Jefik Zulfikar Hafizd (UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon)
Mohamad Rana (UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon)
Dean Alfaris (UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon)
Viviyen Jensifa Harahap (UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

Kemajuan teknologi digital dan kecerdasan buatan (AI) telah membawa perubahan signifikan dalam penulisan karya ilmiah, memberikan peluang untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan orisinalitas. Artikel ini membahas bagaimana teknologi digital dan AI dapat dioptimalkan untuk mendukung penulisan karya ilmiah berkualitas tinggi, serta memberikan panduan praktis untuk memanfaatkan alat seperti Mendeley, Grammarly, Turnitin, dan Jenni AI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka untuk menganalisis pemanfaatan teknologi ini sekaligus strategi mencari referensi bereputasi, baik melalui AI maupun secara manual di platform seperti Google Scholar. Artikel ini juga menekankan pentingnya menjaga integritas akademik dan etika penulisan untuk memastikan penggunaan AI tetap bertanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi teknologi digital dan AI mampu meningkatkan produktivitas, menjaga keaslian karya, dan memperluas akses terhadap sumber daya berkualitas. Artikel ini menawarkan panduan strategis yang dapat diimplementasikan untuk mendukung peneliti dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi, berbasis data, dan sesuai standar akademik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...