Trigonometri : Jurnal Matematika
Vol. 2 No. 1 (2025): Edisi Januari

Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berdiferensiasi untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SD/MI Muhammadiyah Metro

Lisa Meilinda Sari (Unknown)
Rahmawati, Dwi (Unknown)
Andayani, Sutrisni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan media dalam pembelajaran matematikayang perlu dikembangkan untuk peserta didik kelas 4 SD/MI Muhammadiyah Metro. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas 4 SD Muhammadiyah Metro Pusat. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan angket. Tahapan analisis yang dilakukan yaitu mentranskrip data, menelaah data, mereduksi data, mendeskripsikan, dan membuat kesimpulan. Analisis data hasil angket dan tes dianalisis dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan pendidik kelas masih belum bervariasi, peserta didik membutuhkan bahan ajar yang mudah dipahami dan dapat digunakan secara mandiri, peserta didik membutuhkan media yang interaktif yang memanfaatkan teknologi, peserta didik membutuhkan media berdiferensiasi yang menyesuaikan kemampuan awal yang bervariasi, mengakomodir gaya belajar visual, auditory, dan kinestetik, peserta didik cenderung menghafalkan rumus-rumus tetapi belum memahami konsep dasar sehingga kurang melatih kemampuan untuk memecahkan masalah, media masih terfokus pada buku paket dan pemberian soal hanya mengambil masalah yang ada di buku paket, peserta didik sulit menyelesaikan soal pemecahan masalah karena hanya diberikan soal rutin, dan soal pemecahan masalah belum banyak menggunakan soal kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perlu dikembangkan multimedia interaktif sesuai karakteristik peserta didik dan perkembangan teknologi yang ada. Media berupa multimedia merupakan salah satu alternatif media yang diperlukan dalam memfasilitasi pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu, dengan multimedia interaktif ini digunakan untuk kemamampuan pemecahan masalah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Trigonometri

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

FOCUS This journal encompasses original research articles, review articles, and case studies, including: Mathematics and Mathematics Education SCOPE Algebra, geometric, analysis, statistic, graph, optimization, industrial mathematics, financial mathematics, mathematics education and ...