Sejarah pendidikan Islam di masa Abbasiyah merupakan salah satu periode emas yang menampilkan model pembelajaran yang efektif dan relevan untuk abad 21. Latar belakang pada penelitian ini yaitu perlunya merekonstruksi model pendidikan masa lampau untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran modern. Sedangkan, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan metode pembelajaran masa Abbasiyah yang dapat diintegrasikan pada model pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur kualitatif yang melibatkan analisis tekstual dan deskriptif tentang metode pembelajaran ‘ilmiyyah, halaqah, dan teknik-teknik lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Abbasiyah yang berpusat pada ilmu pengetahuan, logika, dan metodologi rasional sangat cocok untuk di implementasikan di abad 21 ini. Oleh karena itu, rekonstruksi pendidikan Islam masa Abbasiyah dapat dijadikan model pembelajaran abad 21 yang fleksibel, kolaboratif, dan integratif, sehingga dapat meningkatkan keterampilan dan memberikan wawasan yang sangat berharga pada siswa di abad 21.
Copyrights © 2022