Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Strategi Menulis Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas II

Alsafina Maratus Sholikhah (Universitas Sebelas Maret)
Moh Salimi (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penilitan tidakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung melalui penggunaan metode menulis terbimbing dengan media flash card pada siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen, (2) mendeskripsikan ke efektifan penggunaan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung siswa pada siklus I = 64,84%, siklus II = 76,59%, dan siklus III = 85,59%. (2) penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard efektif meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa (3) kendala yang terjadi yaitu dalam melakukan bimbingan guru membutuhkan waktu yang lama karena jumlah siswa yang tergolong tidak sedikit. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...