Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar

Syalsa Amanda Putri Ramadan (Universitas Sebelas Maret)
Nur Widiya Dwi Astutik (Universitas Sebelas Maret)
Sukarno Sukarno (Universitas Sebelas Maret)
Ari Setyawan (SDN Goniln 02)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada mata pelajaran IPAS di kelas VI-B SDN Gonilan 02. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa banyak peserta didik yang hasil belajarnya masih di bawah KKM pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus - 3 September 2024 di kelas VI-B SDN Gonilan 02. Teknik pengumpulan data meliputi tes, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sementara instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik dalam ranah pengetahuan, dengan ketuntasan meningkat dari 45% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...