Pembelajaran IPS diperlukan untuk membentuk karakter generasi muda. Generasi muda adalah ujung tombak masa depan suatu negara, sehingga mereka harus memiliki karakter dalam kehidupan bermasyarakat. Peranan pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat. Pokok permasalahan yakni belum maksimalnya penanaman karakter di sekolah-sekolah di kota Singkawang karena pembelajaran IPS masih bersifat teori. Padahal inti dari pembelajaran ini adalah membentuk peserta didik menjadi warga negara yang baik yang diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini telah meninjau literatur jurnal yng sama dan artikel tentang kaitannya pembelajaran IPS dengan pembentukan karakter. Bagian pertama dalam studi ini akan memperkenalkan tentang hakikat dari pembelajaran IPS. Bagian kedua, akan membahas peranan pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter. Bagian akhir dari tulisan ini akan menjelaskan tentang pembentukan karakter di sekolah-sekolah melalui pembelajaran IPS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017