Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 8, No 1 (2025): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Exploration of Students' Perceptions of the Effectiveness of the Role Playing Learning Model in the Process of Learning Pancasila Values in Elementary Schools

Naimah Hidayati (Universitas Sebelas Maret)
Winarno Winarno (Universitas Sebelas Maret)
Fadhil Purnama Adi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Pendidikan Pancasila di sekolah dasar berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik, tetapi sering kali pembelajarannya kurang menarik dan kurang melibatkan mereka secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi peserta didik face C terhadap efektivitas model pembelajaran Role Playing dalam proses belajar nilai- nilai Pancasila. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara kepada peserta didik. Data penelitian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Data kuesioner dan wawancara direduksi untuk menentukan relevansinya, disajikan dalam narasi tematik yang menunjukkan pola tertentu, lalu dianalisis untuk menarik simpulan berdasarkan makna yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki persepsi positif terhadap model Role Playing, menganggapnya menarik dan relevan karena memberikan pengalaman nyata dalam penerapan nilai- nilai Pancasila. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan sarana, hambatan tersebut tidak secara signifikan mengurangi efektivitas model ini. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Role Playing adalah model pembelajaran yang efektif untuk menginternalisasi nilai- nilai Pancasila pada peserta didik sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...