Komunikatif : Jurnal Ilmiah Komunikasi
Vol. 13 No. 2 (2024): KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmiah Komunikasi

Penggunaan Media Sosial dalam Aktivitas Digital PR Hotel-hotel di Kota Kupang

Tuhana, Veki Edizon (Unknown)
Sanga, Abner P.R. (Unknown)
Ara, Roky Konstantin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media sosial dalam aktivitas digital PR pada hotel-hotel di kota Kupang. Penelitian tentang digital PR di berbagai daerah sudah banyak dilakukan dengan metode dan temuan yang cukup beragam. Namun berdasarkan pantauan tim peneliti ke beberapa jurnal penelitian khususnya penelitan terkait dengan aktivitas digital PR pada hotel-hotel masih sangat jarang dilakukan khususnya di Kota Kupang. Meskipun media sosial telah banyak digunakan dalam PR digital di berbagai kota besar, studi spesifik di Kupang masih terbatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivisme (kualitatif) dan metode observasi (pada teks media sosial) dan wawancara dalam pengumpulan data. Jumlah hotel dan informan yang diteliti ada enam di kota Kupang. Fokus penelitian ini untuk menemukan penggunaan media sosial pada hotel-hotel di kota Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dalam aktivitas digital PR di arahkan pada informasi persuasif yaitu iklan atau promosi dan informasi umum yang dilakukan di hotel-hotel. Selain itu dampak yang ditumbulkan adalah adanya keterlibatan publik dalam memberikan tanggapan dan penggunaan lebih dari satu akun media sosial dalam menginformasikan produk dan jasa yang ditawarkan di Hotel-hotel di kota Kupang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKATIF

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikatif is issued by Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya since 2012. Komunikatif is a peer-reviewed journal. Komunikatif publishes an article from selected topics in communication studies; those are media studies, public relations, and human communication. ...