Intellectual Mathematics Education
Vol. 3 No. 1 (2025): IME

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Quantity Ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali

Pitri Pitri (Universitas Sulawesi Barat)
Nenny Indrawati (Universitas Sulawesi Barat)
Ana Muliana M (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali dalam menyelesaikan soal PISA konten Quantity. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi tes PISA dan tes GEFT serta wawancara. Subyek penelitian adalah 2 orang peserta didik dengan gaya kognitif field-dependent dan field-independent. Berdasarkan kategori keslahan Watson, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pesreta didik dengan gaya kognitif field-independent cenderung mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik, karena peserta didik dengan gaya kognitif field-independent hanya melakukan satu kesalahan yaitu tidak menyatakan data. (2) Peserta didik dengan gaya kognitif field-dependent cenderung kurang mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah, karena peserta didik dengan gaya kognitif ini melakukan tiga kesalahan yaitu tidak menyatakan data, konflik level respon, dan tidak menyatakan kesimpulan. (3) Alasan mengapa peserta didik dengan gaya kognitif field-dependent dan field-independent melakukan kesalahan adalah peserta didik keliru dengan pertanyaan soal, peserta didik kurang teliti dalam mengoperasikan bilangan, sering terburu-buru dalam menyelesaikan soal, peserta didik beranggapan bahwa menulis apa yang diketahui pada soal tidak terlalu penting bahkan mengurangi waktu perhitungan dan peserta didik juga beranggapan bahwa kesimpulan akhir tidak penting dalam menyelesaikan soal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IME

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, The curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...