IPSSJ
Vol. 2 No. 2 Mei (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP BERPIKIR KRITIS IPAS SISWA SD

Muhammad Faris Kamaludin (Unknown)
Nuhyal Ulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V sekolah dasar. Penalitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 26 siswa dari SDN Pamongan 1. Instrumen penelitian berupa tes esai yang dikembangkan berdasarkan indikator berpikir kritis. Hasil analisis menunjukkan peningkatan skor rata-rata siswa dari 53,69 pada pretest menjadi 82,23 pada posttest. Uji statistik menggunakan paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan perbedaan yang signifikan setelah penerapan pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan PjBL dengan pendekatan kontekstual secara efektif mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...