Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V sekolah dasar. Penalitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 26 siswa dari SDN Pamongan 1. Instrumen penelitian berupa tes esai yang dikembangkan berdasarkan indikator berpikir kritis. Hasil analisis menunjukkan peningkatan skor rata-rata siswa dari 53,69 pada pretest menjadi 82,23 pada posttest. Uji statistik menggunakan paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan perbedaan yang signifikan setelah penerapan pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan PjBL dengan pendekatan kontekstual secara efektif mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS.
Copyrights © 2025