Madaniya
Vol. 6 No. 2 (2025)

Membangun Identitas Merek yang Kuat Melalui Pelatihan Canva untuk UMKM di Kampung Badran Sari

Mustika Mustika (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ilham Rohmatulloh (Universitas Muhammadiyah Metro)
Aditya Duta Fernata (Universitas Muhammadiyah Metro)
Nur Rahma Danitta (Universitas Muhammadiyah Metro)
Muhazirin Farhan Safitra (Universitas Muhammadiyah Metro)
Gilang Ferdhika (Universitas Muhammadiyah Metro)
Muhammad Rafly (Universitas Muhammadiyah Metro)
Alif Medi Prastyo (Universitas Muhammadiyah Metro)
Sri Laila Nuraini (Universitas Muhammadiyah Metro)
Novendi Novendi (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ardan Muhrozi (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ricky Indra Jaya (Universitas Muhammadiyah Metro)
Khoirul Faridz (Universitas Muhammadiyah Metro)
Aulia Tasya Putri (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Pada era digital, pemanfaatan teknologi memiliki peran strategis dalam memperkuat identitas produk. Pelatihan ini bertujuan agar produk UMKM dapat bersaing lebih baik di pasar. di kampung Badran Sari melalui pembuatan desain grafis menggunakan aplikasi Canva. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi lima tahapan utama, yaitu persiapan, penyuluhan, pelatihan, pendampingan, dan demonstrasi. Tahap persiapan mencakup identifikasi UMKM sasaran dan penyusunan materi pelatihan. Penyuluhan memberikan pemahaman tentang pentingnya identitas merek, sementara pelatihan difokuskan pada penguasaan Canva untuk pembuatan logo dan katalog produk. Pendampingan dilakukan selama pelatihan, dan demonstrasi digunakan untuk menampilkan hasil karya peserta serta mengevaluasi efektivitas pelatihan. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 19 Februari 2025, yang diikuti oleh 3 pelaku UMKM di kampung Badran sari. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta lebih antusias dalam memanfaatkan teknologi untuk memperkuat identitas merek mereka, serta mampu membuat desain grafis sederhana secara mandiri menggunakan aplikasi Canva. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan keterampilan desain grafis kepada 3 pelaku UMKM yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan identitas merek dan menjadikan produk UMKM Kampung Badran Sari lebih kompetitif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...