JREP
Vol. 1 No. 3 (2024): JREP

Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ar-Rizky Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros

Yakin, Riska Damayanti (Unknown)
Sri Sufliati Romba (Unknown)
Musfira (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Anak usia dini merupakan masa dimana seorang anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Salah satu perkembangan yang harus di stimulasi sejak dini ialah perkembangan sosial emosional. Penyebab ketidakmatangan sosial-emosional selanjutnya adalah modeling. Anak meniru contoh pengelolaan emosi orangtua, guru, atau orang dewasa di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan metode belajar berbasis proyek pada anak terhadap peningkatan kemampuan sosial emosionalnya dan nntuk membandingkan perkembangan kemampuan sosial emosional antara kelompok anak yang menggunakan metode belajar berbasis proyek dengan kelompok anak yang menggunakan metode konvensional. Metode penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian eksperimen. Hasil penelitian ini adalah kemampuan sosial emosional anak mengalami peningkatan dengan baik hal ini terbukti pada hasil perolehan nilai posttest kemampuan sosial emosional anak meningkat dibandingkan pada saat perolehan hasil pretest.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JREP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Riset dan Evaluasi Pendidikan (JREP) bertujuan untuk mewadahi forum pemahaman ilmiah bidang pendidikan dan memainkan peran penting dalam mempromosikan proses akumulasi pengetahuan, nilai, dan keterampilan yang ditransmisikan dari satu generasi ke generasi lainnya; dan untuk menyediakan metode ...