Maksud dari pengkajian ini untuk mendeskripsikan aktualisasi bentuk pengajaran tipe Numbered Head Together (NHT) Cooperative Learning pada anak didik kelas IV SD Negeri 14 Mangopi Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai.Pengkajian ini dilaksanakan dalam 2 priode yang merupakan pengkajian tindakan kelas.Subjek pengkajian adalah anak didik kelas IV SDN 14 Mangopi Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai yang berjumlah 12 laki-laki dan 18 perempuan. Adapun penghimpunan data yang diaplikasikan yaitu secara observasi dan tes tertulis. Pengkajian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemajuan pengajaran IPA pada anak didik kelas IV SD Negeri 14 Mangopi Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai.Pengkajian menunjukkan bahwa kemajuan penilaian pra priode dengan pelajaran IPA tergolong rendah,ini bisa dilihat dari daftar nilai hasil penelitian pra priode yang menjangkau persentase nilai dengan yang menjangkau atau melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 25,00 % atau sekitar 8 orang anak didik saja. Setelah dilakukan tindakan melalui priode I dengan mengaplikasikan bentuk pengajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) maka kemajuan belajar anak didik meningkat ke kategori sedang dengan persentase nilai yang mencapai atau melebih KKM sebesar 50,00 % atau sekitar 15 orang anak didik. Setelah dilakukan tindakan melalui priode II,kemajuan belajar anak didik menjadi semakin bagus persentase nilai yang menjangkau atau melampaui KKM sebesar yaitu 87,50% atau sekitar 26 orang siswa.Kondisi ini, menandakan sesungguhnya pembelajaran telah berjalan menjadi optimal.Hasil akhir penelitian ini memperlihatkan sesungguhnya implementasi bentuk pengajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat memaksimalkan kemajuan belajar anak didik kelas IV SDN 14 Mangopi Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai pada pelajaran IPA.
Copyrights © 2025