JREP
Vol. 2 No. 2 (2025): JREP

Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas III UPT SD 87 Tamanroya Kecamatan Galesong utara Kabupaten Takalar

Weni, Ricka (Unknown)
Tarman A Arif (Unknown)
Ika Zulfika (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian experimen yang merupakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan uji T-Test menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara sebelum pelaksanaan media buku cerita bergambar pada pretest dengan nilai rata-rata  60,3% sedangkan pada posttest meningkat dengan nilai rata-rata  81,61%  Hasil anlisis uji-T tentang pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara baik terhadap minat maupun hasil belajar siswa menunjukan hasil bahwa nilai signifikasi yang diperoleh baik yaitu pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara siswa (Sig= 0,000) lebih kecil dari nilai alpha yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,000< 0,05). Berdasarkan hasil yang diperoleh,  dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa penggunaan buku cerita bergambar  layak diterapkan dalam pembelajaran sehingga pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara siswa kelas III UPT SD Negeri 87 Tamanroya Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JREP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Riset dan Evaluasi Pendidikan (JREP) bertujuan untuk mewadahi forum pemahaman ilmiah bidang pendidikan dan memainkan peran penting dalam mempromosikan proses akumulasi pengetahuan, nilai, dan keterampilan yang ditransmisikan dari satu generasi ke generasi lainnya; dan untuk menyediakan metode ...