Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 2 No. 3 (2022): EduTIK : Juni 2022

Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK

Daniel Riano Kaparang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Yesika Gabriela Suatan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Peggy Veronica Togas (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Kristen Kawangkoan karena terdapat permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis, alasan utamanya adalah penggunaan metode pembelajaran ceramah yang hanya lebih berpusat pada guru. Untuk itu pelaksanaan penelitian ini adalah untuk dapat membantu meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis siswa pada materi unsur – unsur, karakteristik dan warna desain grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Eksperimen Semu.Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup deskripsi data, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, bahwa rata-rata pre-test (O1) dan post-test (O2) hasil belajar Dasar Desain Grafis pada kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning lebih tinggi daripada rata-rata pre-test (O3) dan post-test (O4) hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tatap muka. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa kelas X TKJ di SMK Kristen Kawangkoan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...