Sebagai orang tua dan pendidik wajib untuk mengajarkan tata cara berwudhu sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu anak melalui metode demonstrasi di kelompok B. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B berjumlah 12 anak terdiri atas 7 orang putri dan 5 orang putra. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa aktivitas mengajar guru dari 66,7% menjadi 91,7%, aktivitas belajar anak dari 50% menjadi 91,7%, hasil belajar anak dari 75% menjadi 91,7%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berwudhu anak dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi di kelompok B TK Dian Ekawati Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari.
Copyrights © 2023