Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksana implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini dan mengetahui program-program pendidikan karakter pada anak usia dini di TK Wulele Sanggula 1 Kota Kendari. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ada dua yaitu kepala sekolah dan guru. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis model Spradely ada beberapa tahapan di antaranya: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial. Adapun hasil penelitian ini mengungkapkan dua temuan yaitu: 1) kepala sekolah dan guru sebagai pelaksana pendidikan karakter dalam membentuk karakter anak sudah berjalan secara efektif sesuai dengan perencanaan dan program guru,2) program pendidikan karakter yaitu menggunakan program jangka panjang dan program jangka pendek, jangka panjang menggunakan metode pembiasaan, dan pemberian contoh teladanan secara rutin setiap hari sedangkan jangka pendek menggunakan berbagai program seperti program religius, pancasila, yang diwujudkan dalam kegiatan- kegiatan sekolah. Kesimpulannya pendidikan karakter di TK Wulele Sanggula 1 Kota sudah berjalan dengan baik dengan pelaksana yaitu kepala sekolah dan guru. Adanya program jangka panjang dan jangka pendek.
Copyrights © 2024