Perkembangan kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan anak dalam belajar karena sebagian besar aktivitas dalam belajar selalu berhubungan dengan berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan metode demonstasi di kelompok B TK Darul Fallah Kota kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B yang berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan studi dokumen. Data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 69, 2% meningkat menjadi 92, 3% pada siklus II, aktivitas belajar anak pada siklus I sebesar 69, 2% meningkat menjadi 92, 3% pada siklus II. Hasil evaluasi kemampuan kognitif anak dengan metode demonstrasi menunjukan adanya peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 26, 6% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73, 3%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86, 7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan dengan metode demonstrasi di TK Darul Fallah Kota Kendari.
Copyrights © 2024