Salah satu alternatif pembelajaran yang menarik dan melatih motorik halus adalah bermain puzzle gambar bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini dengan kegiatan bermain puzzle gambar bervariasi di TK Melati Puri Tawang Alun Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek adalah guru dan anak-anak pada kelompok B TK Melati Puri Tawang Alun Kendari yang berjumlah 10 anak yaitu 9 anak laki-laki dan 1 anak perempuan usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase 58,4% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,7%. Sedangkan aktivitas belajar anak siklus I diperoleh persentase 58,4% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,7%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak usia dini dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain puzzle gambar bervariasi di TK Melati Puri Tawang Alun Kendari.
Copyrights © 2025