Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

UPAYA GURU MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SD NEGERI 03 TANAH ABANG

Adila Adila (Universitas PGRI Palembang)
Marhamah Marhamah (Universitas PGRI Palembang)
Puji Ayurachmawati (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menanamkan sikap nasionalisme pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskritif . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD NEGERI 03 Tanah Abang berjumlah 21 siswa dan satu guru mata pelajaran PPKn kelas V SD Negeri 03 Tanah Abang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk itu , Instrumen yang dibuat berupa pedoman observasi siswa, pedoman wawancara untuk Guru . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapat hasil yaitu: Dapat dilihat bahwa upaya yang dilakukan guru kelas V dalam rangka menanamkan sikap nasionalisme dalam diri siswa melalui mata pelajaran PPKn adalah, membiasakan siswa aktif ketika pembelajaran. Dalam rangka penanaman sikap nasionalisme melalui mata pelajaran PPKn adalah senantiasa  menggunakan produk buatan dalam negeri dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menerangkan materi pembelajaran dapat menanamkan sikap nasionalisme berupa perilaku yang dituangkan dalam bentuk cinta tanah  air, sikap rela berkorban, menjunjung tinggi nama bangsa, bangga sebagai bangsa Indonesia, persatuan dan kesatuan, patuh dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 , disiplin , berani, dan jujur,

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...