Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD N TUGU JEBRES, SURAKARTA TAHUN 2023-2024

Dewi Sayyidatul Nur Hasanah (Universitas Slamet Riyadi)
Sri Handayani (Universitas Slamet Riyadi)
Oka Irmade (Universitas Slamet Riyadi)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model tematik terpadu yang independen dan berkualitas tinggi dengan fokus pada pembelajaran tematik yang belum dioptimalkan dalam Kurikulum Merdeka. Selain itu, mereka juga ingin mengetahui seberapa efektif model ini untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan pembelajaran siswa sekolah dasar yang sesuai dengan era modern. Desain penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan untuk melakukan penelitian ini, yang terdiri dari tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Mereka yang terlibat dalam validasi model adalah praktisi dan akademisi. Untuk menguji efektivitas model, kegiatan eksperimental dilakukan menggunakan One Group Desain Pretest-Posttest. Hasil validasi model menunjukkan bahwa komponen pembelajaran tematik terpadu valid dengan persentase 86,70% dan 90,20%. Selain itu, uji penguasaan materi (kognitif) menerima hasil 0,50, yang menunjukkan kategori sedang. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tematik meningkatkan hasil belajar secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...