Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model tematik terpadu yang independen dan berkualitas tinggi dengan fokus pada pembelajaran tematik yang belum dioptimalkan dalam Kurikulum Merdeka. Selain itu, mereka juga ingin mengetahui seberapa efektif model ini untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan pembelajaran siswa sekolah dasar yang sesuai dengan era modern. Desain penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan untuk melakukan penelitian ini, yang terdiri dari tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Mereka yang terlibat dalam validasi model adalah praktisi dan akademisi. Untuk menguji efektivitas model, kegiatan eksperimental dilakukan menggunakan One Group Desain Pretest-Posttest. Hasil validasi model menunjukkan bahwa komponen pembelajaran tematik terpadu valid dengan persentase 86,70% dan 90,20%. Selain itu, uji penguasaan materi (kognitif) menerima hasil 0,50, yang menunjukkan kategori sedang. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tematik meningkatkan hasil belajar secara signifikan.
Copyrights © 2024