Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

RETORIKA VERBAL DAN NONVERBAL GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 8 GORONTALO UTARA

Hamzah, Grasela Salsabillah (Unknown)
Malabar, Sayama (Unknown)
Baruadi, Moh. Karmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2024

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi oleh kemampuan retorika guru, baik secara verbal maupun nonverbal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan retorika verbal, nonverbal, dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan retorika verbal guru bahasa Indonesia mencakup gaya bahasa dan gaya suara, retorika nonverbal guru bahasa Indonesia mencakup sikap badan, penampilan dan pakaian, air muka, gerak tangan, dan pandangan mata, faktor-faktor yang memengaruhi yaitu pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi, sikap komunikator, pengetahuan umum, dan sistem kebudayaan. Simpulannya, guru bahasa Indonesia dalam di SMA Negeri 8 Gorontalo Utara memiliki retorika verbal dan nonverbal yang bervariasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...