Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR MENELAAH UNSUR BUKU FIKSI DAN NON FIKSI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BONEPANTAI

Sapna Adilia Ningrum (Universitas Negeri Gorontalo)
Sayama Malabar (Universitas Negeri Gorontalo)
Ayu Hidayanti Ali (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil belajar menelaah unsur buku fiksi dan buku non fiksi sebelum dan sesudah menggunakan metode card sort dan dampak dari metode ini. Desain penelitian Pra eksperimen menggunakan satu kelas Pretest-Posttest. Metode pengambilan sampel Purposive sampling. Teknik menganalisis data yang di gunakan ialah Statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata sebelum menggunakan metode card sort adalah 43,9, dan rata-rata setelah menggunakan metode tersebut adalah 74,9. Selain itu, hasil uji t menunjukkan metode card sort memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menelaah unsur buku fiksi dan buku non fiksi, dengan nilai sig (2-tailed) adalah 0.005. Kesimpulan Ho ditolak, dan Ha diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...