Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN YANG BERIMPLIKASI PADA LOYALITAS PASIEN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (SURVEI DI UPTD PUSKESMAS RUSUNAWA KOTA BANDUNG)

Yuliani, Yuliani (Unknown)
Zulfikar, Taufik (Unknown)
Sofia, Etty (Unknown)
Rulia, Rulia (Unknown)
Pratama, VIP (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan penting dan hak mendasar masyarakat yang wajib diselenggarakan oleh Pemerintah. Kualitas layanan kesehatan menjadi aspek krusial yang perlu diperhatikan, mencakup indikator bukti fisik (Tangibles), keandalan (Reliability), ketanggapan (Responsiveness), jaminan (Assurance), dan empati (Empathy). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan, kepuasan pasien, dan loyalitas pasien di Poli Gigi UPTD Puskesmas Rusunawa Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis data. Penelitian ini mengukur variabel kualitas layanan, kepuasan pasien, dan loyalitas pasien melalui survei terhadap responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan memperoleh skor total 2.781 dengan rata-rata 3,49 menunjukkan persepsi sangat baik dari responden. Kepuasan pasien mendapat skor total 4.886 dengan rata-rata 3,25 menunjukkan tingkat kepuasan baik. Loyalitas pasien memiliki skor toral 1.275 dengan rata-rata 3,18, juga dalam kategori baik. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan pasien dan loyalitas pasien, dengan p-value sebesar 0,001 dan t hitung masing-masing 4,369 dan 5,896. Namun, terdapat pengaruh signifikan antara kepuasan pasien dan loyalitas pasien dengan p-value sebesar 0,001 dan t hitung sebesar 4,512. Koefisien korelasi menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara kualitas layanan dan kepuasan pasien (r = 0,706, R2 = 0,721) serta antara kualitas layanan, kepuasan pasien, dan loyalitas pasien (r = 0,878, R2 = 0,857). Hasil ini mengindikasikan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pasien secara signifikan mempengaruhi loyalitas pasien, dengan implikasi penting bagi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...