Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III UPT SPF SDN 290 TAHEBATU KABUPATEN BULUKUMBA

Amalia, Rizki Nur (Unknown)
Idrus, Nur Abidah (Unknown)
Nurfaizah, Nurfaizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III di UPT SPF SDN 290 Tahebatu Kabupaten Bulukumba, untuk mengetahui gambaran keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III di UPT SPF SDN 290 Tahebatu Kabupaten Bulukumba, untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III di UPT SPF SDN 290 Tahebatu Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang meliputi siswa kelas III A dan III B. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 22 siswa kelas III A dan 22 siswa kelas III B yang dipilih dengan teknik total sampling. Data analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian: (1) Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) yang berlangsung selama dua pertemuan menunjukkan adanya peningkatan dari setiap keterlaksanaan sintaks atau langkah model. Hal ini dipengaruhi oleh maksimalnya keterlaksanaan sintaks pertama yakni pada tahap penyajian data. Oleh karena itu, Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) yang diterapkan dalam proses pembelajaran kelas eksperimen pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III UPT SPF SDN 290 Tahebatu Kabupaten Bulukumba dapat berlangsung dengan kategori sangat baik pada pertemuan kedua; (2) Hasil tes menunjukkan adanya peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III UPT SPF SDN 290 Tahebatu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...