Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat menganalisis nilai-nilai moderasi beragama (analisis pada mata pelajaran agama Islam dan budi pekerti kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar). Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu buku teks siswa mata pelajaran agama Islam dan budi pekerti kurikulum merdeka terdiri dari kelas I sampai kelas IV jenjang sekolah dasar, dan sumber data sekunder yaitu berupa jurnal-jurnal penelitian yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan, nilai-nilai moderasi beragama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas rendah mulai kelas I terdapat pada Bab 2, 3, 4, 5, 7, 8, 9, dan 10; lanjut kelas II terdapat pada Bab 3, 7, dan 10; serta kelas III terdapat pada Bab 3, berisikan pembahasan tentang sikap berbagi, saling tolong menolong, toleransi beragama, gotong royong, tidak memilih teman, ungkapan terima kasih, disiplin, dan menghargai orang yang lebih tua. Sedangkan untuk kelas tinggi mulai dari kelas IV terdapat pada Bab 1, 2, 3, 8, dan 10; lanjut kelas V terdapat pada Bab 1, 2, 3, 4, 6, dan 8; serta kelas VI terdapat pada Bab 1, 2, 3, dan 8, berisikan pembahasan tentang penalaran, berbhinekaan global, berani mengambil keputusan, tanggung jawab, menghargai perbedaan, membangun komitmen kebangsaan yang kuat dari jiwa, menggalakkan anti kekerasan, dan membentuk sikap yang akomodatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024