Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata siswa dengan pencapaian pemahaman membaca mereka di kelas VIII SMP Swasta Santo Yoseph Medan pada tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari empat kelas. Penulis mengambil 40 siswa sebagai sampel penelitian ini secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Tes tersebut digunakan untuk mengumpulkan data pencapaian siswa dalam kosakata dan pemahaman membaca. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, analisis statistik Regresi Linear, dan Pearson Product Moment dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa koefisien korelasi adalah 0,668 pada tingkat signifikansi 5%. Karena r hitung lebih besar dari r tabel (0,668>0,312) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pencapaian siswa dalam kosakata dengan pemahaman membaca pada siswa kelas VIII SMP Swasta Santo Yoseph Medan pada tahun ajaran 2024/2025. Ini menyiratkan bahwa ketika siswa mendapatkan nilai tinggi dalam kosakata, mereka cenderung mendapatkan nilai tinggi dalam pemahaman membaca juga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024