Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN 6 BANYUASIN I

Neni Ariska (Universitas PGRI Palembang)
Liza Murniviyanti (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar tematik muatan bahasa indonesia siswa kelas II SDN 6 Banyuasin 1. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttets only control group. Populasi penelitian seluruh kelas II SDN 6 Banyuasin 1 yaitu kelas II A sebagai kelas control dan II B sebagai kelas Eksperimen berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes objektif 20 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar tematik muatan bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 6 Banyuasin 1. Dimana diperoleh hasil rata-rata pada kelas eksperimen adalah 86,32 dan pada kelas kontrol adalah 61,11. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar tematik muatan bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 6 Banyuasin I.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...