Tujuan yang dilahirkan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah variabel “Metode Pembelajaran Berbasis Proyek” mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VIII di SMP Methodist Romalbest. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan desktiptif yaitu menyebarkan angket. Popolasi penelitian terdiri dari siswa VII Methodist Romalbest dengan sampel sebanyak 34 siswa yang dipilih memanfaatkan metode simple random sampling. Model analisis data yang diterapkan peneliti adalah Analisis Regresi Sederhana dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel X Metode Pembelajaran Berbasis Proyek menyimpan dampak positif dan signifikan terhadap variabel Y Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi. Hasil dari statistik inferensial diperoleh dari ttabel penelitian dengan memanfaatkan tabel distribusi t dengan tingkat signifikansi a = 0,05 dan db = k-n, 35-2 = 33 sehingga menghasilkan ttabel = 1,69236. Jika diperoleh thitung = 6,539 dan t tabel = 1,69236, maka diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel atau 6,539 > 1.69236. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak H1 diterima. Dari hasil tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek menyimpan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas VIII SMP Methodist Romalbest.
Copyrights © 2024