Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA METHODIST ROMALBEST

Hasibuan, Silvia Annur (Unknown)
Manik, Monika Flora (Unknown)
Sitohang, Mizael Demak (Unknown)
Sianturi, Rejosu Vanhot (Unknown)
Silitonga, David Christian (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Tujuan yang dilahirkan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah variabel “Metode Pembelajaran Berbasis Proyek” mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VIII di SMP Methodist Romalbest. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan desktiptif yaitu menyebarkan angket. Popolasi penelitian terdiri dari siswa VII Methodist Romalbest dengan sampel sebanyak 34 siswa yang dipilih memanfaatkan metode simple random sampling. Model analisis data yang diterapkan peneliti adalah Analisis Regresi Sederhana dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel X Metode Pembelajaran Berbasis Proyek menyimpan dampak positif dan signifikan terhadap variabel Y Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi. Hasil dari statistik inferensial diperoleh dari ttabel penelitian dengan memanfaatkan tabel distribusi t dengan tingkat signifikansi a = 0,05 dan db = k-n, 35-2 = 33 sehingga menghasilkan ttabel = 1,69236. Jika diperoleh thitung = 6,539 dan t tabel = 1,69236, maka diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel atau 6,539 > 1.69236. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak H1 diterima. Dari hasil tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek menyimpan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas VIII SMP Methodist Romalbest.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...