Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik journaling dalam konseling individu terhadap harga diri siswa kelas VII A SMPN 6 Madiun tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian terdiri dari 2 siswa yang dipilih secara purposive sampling dari 31 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental (satu kelompok pre-test dan post-test). Data dikumpulkan melalui angket yang diadaptasi dari Ragil Nur Aziz dan dianalisis menggunakan uji paired sample t-test .Hasil analisis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,028 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Hipotesis nihil (Ho), yaitu “tidak ada pengaruh konseling individu dengan teknik journaling terhadap harga diri siswa,” ditolak, sementara hipotesis alternatif (Ha), yaitu “ada pengaruh teknik journaling dalam konseling individu terhadap harga diri siswa,” diterima. Dengan demikian, konseling individu dengan teknik journaling terbukti efektif meningkatkan harga diri siswa.
Copyrights © 2024