Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI: APAKAH EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI?

Murni Sulistyaningsih (Universitas Negeri Manado)
Dewi Sartipa (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Sukini Sukini (Universitas Widya Dharma Klaten)
Sinta Julina (Universitas Jayabaya)
Lilik Swarnata Angga Buana (Universitas Jayabaya)
Saut Pane (Universitas Jayabaya)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa di perguruan tinggi. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Learning Management System (LMS), aplikasi pembelajaran, dan video interaktif semakin populer dalam dunia pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan mengenai penerapan teknologi dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis teknologi memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar mahasiswa, karena memberikan kemudahan akses materi, meningkatkan interaksi, serta memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel dan menarik. Selain itu, media teknologi juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, terutama jika teknologi tersebut dirancang dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Namun, faktor seperti keterampilan dosen, kesiapan mahasiswa, serta dukungan infrastruktur menjadi elemen penting yang memengaruhi efektivitas teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun teknologi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar, tantangan seperti keterbatasan akses dan kesenjangan digital masih perlu diperhatikan untuk menjamin keberhasilan penerapan media berbasis teknologi dalam pendidikan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...