Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MENGGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF YOUTUBE DAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLDV

Khaerunnisa, Khaerunnisa (Unknown)
Ulpa, Nur Aulia (Unknown)
Magfirah, Magfirah (Unknown)
Syahri , Andi Alim (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media interaktif youtube dan Quizizz pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas IX SMP Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek yang menerima tindakan adalah peserta didik kelas IX G SMP Negeri 1 Sungguminasa sebanyak 36 peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes. Dan dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi SPLDV. Terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada siklus satu, namun peningkatan tersebut belum mencapai indikator keberhasilan penelitian sehingga tindakan dilanjutkan di siklus 2. Pada siklus 2, terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dan sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Hal ini dapat dilihat pada persentase ketuntasan belajar klasikal yang semula pada siklus I mencapai 66,67% (24 peserta didik tuntas) menjadi 94,44% pada siklus II (34 peserta didik tuntas). Simpulan, model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX G SMP Negeri 1 Sungguminasa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...