Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media interaktif youtube dan Quizizz pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas IX SMP Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek yang menerima tindakan adalah peserta didik kelas IX G SMP Negeri 1 Sungguminasa sebanyak 36 peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes. Dan dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi SPLDV. Terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada siklus satu, namun peningkatan tersebut belum mencapai indikator keberhasilan penelitian sehingga tindakan dilanjutkan di siklus 2. Pada siklus 2, terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dan sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Hal ini dapat dilihat pada persentase ketuntasan belajar klasikal yang semula pada siklus I mencapai 66,67% (24 peserta didik tuntas) menjadi 94,44% pada siklus II (34 peserta didik tuntas). Simpulan, model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX G SMP Negeri 1 Sungguminasa.
Copyrights © 2024