Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) yang berangkat dari ilmu filsafat epistimologi, ontologi dan aksiologi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul fisika berbasis kearifan lokal “Mappadendang” pada materi gelombang bunyi yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu Four-D dengan langkah pengembangn define, design, develop dan desseminate yang selanjutnya diadaptasi sesuai dengan kebutuhan penelitian, sehingga tahapan yang digunakan yaitu define, design dan develop. Desseminate tidak digunakan dengan pertimbangan butuh biaya dan waktu yang lebih banyak. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas XI Mipa 1 SMA Negeri 7 Sidrap. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kevalidan pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal ”Mappadendang” materi gelombang bunyi yang dinilai oleh dua orang validator memperoleh nilai indeks aiken V berada pada kategori validitas sedang hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Pengkuran kepraktisan diperoleh tingkat kepraktisan sangat praktis sedangkan untuk pengukuran tingkat keefektifan diperoleh presentase pada kategori tinggi.
Copyrights © 2024