Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

KEEFEKTIFAN KEADAAN LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENIMBULKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN MEKIKIS KEDIRI

Arianti, Dini (Unknown)
Sunanto, Sunanto (Unknown)
Akhwani, Akhwani (Unknown)
Ghufron, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Mekikis, Kediri, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukkan bahwa lingkungan fisik sekolah seperti ventilasi, pencahayaan, dan kualitas ruang kelas umumnya mendukung pembelajaran, meski beberapa kelas perlu perbaikan untuk kenyamanan optimal. Interaksi sosial yang baik antara siswa dan guru serta metode pengajaran interaktif seperti video dan kegiatan kelompok meningkatkan keterlibatan siswa, meskipun kemandirian belajar masih perlu ditingkatkan. Efektivitas lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui kondisi fisik yang baik, interaksi sosial dan psikologis yang mendukung, serta evaluasi dan program peningkatan lingkungan sekolah. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya kondisi lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...