Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN MAHASISWA SEMESTER 5 UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Edward Alfin (Universitas Indraprasta PGRI)
Nur Rizkiyah (Universitas Indraprasta PGRI)
Sri Mardiyati (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar pengetahuan mahasiswa semester 5 Universitas Indraprasta PGRI. Kemampuan metakognitif mencakup kemampuan untuk merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses berpikir yang berperan penting dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode regresi untuk menganalisis hubungan antara kemampuan metakognitif dengan hasil belajar pengetahuan mahasiswa. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai p-value sebesar 0.005, yang lebih kecil dari 0.05, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Semakin baik kemampuan metakognitif mahasiswa, semakin tinggi hasil belajar pengetahuan yang dicapai. Temuan ini memberikan bukti bahwa pengembangan kemampuan metakognitif harus menjadi fokus dalam strategi pembelajaran di perguruan tinggi, guna meningkatkan kualitas hasil belajar mahasiswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...